Email Saya dan Email Citibank

EMAIL YANG PERNAH SAYA KIRIMKAN DAN RESPON DARI CITIBANK
(Nama belakang asli saya diganti dengan XXXX)

Date: Sat, 20 Jan 2007 00:26:13 +0800 (SGT)
From: “Citibank Indonesia”
To: lisaXXXX@yahoo.com
Subject: Re: contact us (KMM216429I32473L0KM)

Ibu Lisa yang terhormat,

Terima kasih telah menghubungi kami melalui e-mail.

Bersama ini kami sampaikan bahwa kami akan meneruskan e-mail Ibu ke
bagian yang berwenang untuk ditindaklanjuti.

Hormat kami,
Citibank Indonesia

Date: Sat, 20 Jan 2007 19:14:27 -0800 (PST)
From: “Lisa XXXX”
Subject: Re: contact us (KMM216429I32473L0KM)
To: “Citibank Indonesia”

Sebenarnya ada 2 pesan yang saya kirimkan, namun hanya satu yang direspon Citibank. Pesan yang sudah saya kirim itu:

Saya punya beberapa pertanyaan mengenai tagihan Kartu Kredit saya bernomor 4541XXXXXXXXXXXX atas nama Lisa XXXX.

Misalnya, di tagihan Citibank bulan Oktober 2006 ada di kolom besarnya bunga, menurut saya terlalu besar, karena bunganya cuma 3.5% untuk transaksi dan 4% untuk penarikan tunai (memang ada penarikan tunai sebelumnya). Besar rupiah untuk bunga yang tercantum di tagihan itu adalah RP209,106. Bagaimana Citibank menghitung bunga di kolom itu?

Pertanyaan lain adalah mengapa bunga Citibank besar sekali hingga 42% dan 48% per tahun? Bagi saya nama Citibank tidak penting, karena ada banyak KK lain yang menawarkan bunga rendah, annual fee rendah, proses aplikasi mudah dan cepat serta kapan saja untuk menutup dan membuat KK kembali. Yang penting adalah saya tidak ingin bertahun-tahun dihisap oleh perusahaan KK. Oleh karena itu saya minta Citibank untuk menurunkan bunga tersebut mengingat saya adalah pelanggan yang baik Citibank sejak tahun 1993. Saya minta turun hingga paling besar 13% saja per tahun. Atau saya segera apply KK lain dan menutup KK saya di Citibank.

Kemudian untuk persiapan, jika terus dikecewakan oleh Citibank, saya minta Citibank untuk membuat surat keterangan dari Citibank sebagai reward yang menggambarkan bahwa saya adalah pemegang Kartu Kredit Citibank yang baik.

Date: Sun, 21 Jan 2007 15:29:08 +0800 (SGT)
From: “Citibank Indonesia”
To: “Lisa XXXX”
Subject: Re: contact us (KMM216625I32473L0KM)

Ibu Lisa XXXX yang terhormat,

Terima kasih telah menghubungi kami melalui e-mail.

Sehubungan dengan pertanyaan Ibu mengenai perhitungan bunga, bersama
Ini kami sampaikan bahwa besarnya bunga adalah seperti tercantum pada
Lembar penagihan dan dihitung perbulan atas saldo harian dimulai dari tanggal
melakukan transaksi. Bunga akan ditagihkan pada lembar penagihan
berikutnya.

Adapun Formula Perhitungan Bunga tersebut adalah sebagai berikut:

Besarnya Transaksi x Lamanya Transaksi x 3.5% atau 4% x 12/365
(tanggal transaksi – tanggal statement )

Dengan menyesal kami belum dapat memenuhi permohonan Ibu untuk
menurunkan tingkat suku bunga kartu kredit Citibank karena hal ini
merupakan keputusan management kami.<!–more–>

Demikian penjelasan kami dan apabila masih ada hal lain yang ingin Ibu
tanyakan atau sampaikan, mohon hubungi Layanan Citiphone Banking 24 jam
di nomor 69999 melalui telepon seluler atau 021-2529999. Citiphone
Officer kami dengan senang hati akan membantu Ibu.

Hormat kami,
Citibank Indonesia

Date: Mon, 22 Jan 2007 20:20:27 -0800 (PST)
From: “Lisa XXXX”
Subject: Re: contact us (KMM216625I32473L0KM)
To: “Citibank Indonesia”

Mengenai cara perhitungan bunga yang sudah anda sampaikan, mengapa anda tidak sekaligus menyebut angka “besarnya transaksi” karena itu adalah salah satu item yang membuat saya tidak mengerti cara perhitungan bunga Citibank?

Saya tidak ingin menggunakan nomor telpon 2529999 yang menurut saya membuat saya tidak nyaman itu untuk membicarakan keluhan saya. Sehingga, silahkan beritahu manajemen anda untuk mengubah keputusan suku bunga kartu kredit Citibank saya, karena saya akan membawa keluhan saya menjadi wacana di media massa . Saya akan bertanya di media massa : “Apakah Citibank memang telah membuat keputusan yang tepat dengan suku bunga kartu kredit saya yang telah menjadi pelanggan yang baik sejak 1993?” Dan tentu saja saya juga akan mempertanyakan bagaimana Citibank menghitung bunga saya yang belum anda jawab dengan tuntas di email sebelumnya.

Lisa XXXX.

Date: Thu, 25 Jan 2007 11:50:13 +0800 (SGT)
From: “Citibank Indonesia”
To: lisaXXXX@yahoo.com, lisaXXXX@yahoo.com
Subject: Re: contact us (KMM218336I32473L0KM)

Ibu Lisa XXXX yang terhormat,

Terima kasih telah menghubungi kami melalui e-mail.

Sehubungan dengan pertanyaan Ibu mengenai perhitungan bunga, berikut
adalah penjelasan kami untuk melengkapi penjelasan sebelumnya :

1. Pada informasi ringkasan tagihan (lembar tagihan bulan Oktober 2006)
terlihat pada kolom bunga dan biaya administrasi adalah sebesar Rp
209.106,- yang diperoleh dari penjumlahan :
bunga tagihan bulan Oktober 2006 + biaya pembayaran kartu (3x Rp
5.000,-) + bea materai lunas
= Rp 188.106,- + Rp 15.000,- + Rp 6.000,- = Rp 209.106,-.

2. Dengan menyesal kami belum dapat memenuhi permohonan Ibu untuk
menurunkan tingkat suku bunga kartu kredit Citibank karena hal ini
merupakan keputusan management kami.

3. Untuk mendapatkan penjelasan lebih rinci mengenai perhitungan bunga
sebesar Rp 188.106,- yang dibebankan pada lembar tagihan bulan Oktober
2006 kami telah mengirimkan perhitungan tersebut melalui fax ke nomor
021-43920093. (berdasarkan informasi Ibu per telepon hari ini).

Demikianlah penjelasan kami. Apabila masih ada hal-hal yang ingin
ditanyakan, kami mohon agar Ibu dapat pula menghubungi Layanan 24Jam
Citiphone Banking kami di nomor 021-2529999 atau 69999 (melalui
ponsel, tanpa kode area dan berlaku nasional).

Atas perhatian dan kerja samanya, sekali lagi kami ucapkan terima
kasih.

Hormat kami,
Citibank Indonesia

Date: Tue, 30 Jan 2007 06:03:27 -0800 (PST)
From: “Lisa XXXX”
Subject: Re: contact us (KMM218336I32473L0KM)
To: “Citibank Indonesia”

Pada jawaban anda no.1, anda menulis RP 188.106,- + Rp 15.000,- + Rp 6.000,- = Rp 209.106,-.

RP 15.000 DAN RP 6.000 itu apa ???

Bukankah itu sudah dihitung seperti di dalam tabel yang anda kirimkan melalui fax (mengapa melalui fax? mengapa tidak melalui email ini?).

Jadi mengapa angka RP 15.000 dan RP 6.000 itu ditambahkan ke RP 188.106 yang seharusnya menurut saya itu sudah menjadi total bunga dan administrasi saya?

Date: Thu, 1 Feb 2007 08:19:42 -0800 (PST)
From: “Lisa XXXX”
Subject: Fwd: Re: contact us (KMM218336I32473L0KM)
To: indonesia.customer.service@citigroup.com

Saya kasih kesempatan satu kali lagi untuk menjawab pertanyaan saya yang sudah saya kirimkan sebelumnya pada tgl 30 Januari di bawah ini:

Pada jawaban anda no.1, anda menulis RP 188.106,- + Rp 15.000,- + Rp 6.000,- = Rp 209.106,-.

RP 15.000 DAN RP 6.000 itu apa ???

Bukankah itu sudah dihitung seperti di dalam tabel yang anda kirimkan melalui fax (mengapa melalui fax? mengapa tidak melalui email ini?).

Jadi mengapa angka RP 15.000 dan RP 6.000 itu ditambahkan ke RP 188.106 yang seharusnya menurut saya itu sudah menjadi total bunga dan administrasi saya?

Date: Fri, 2 Feb 2007 14:52:12 +0800 (SGT)
From: “Citibank Indonesia”
To: “Lisa XXXX” , “Lisa XXXX”
Subject: Re: Fwd: Re: contact us (KMM223329I32473L0KM)

Ibu Lisa XXXX yang terhormat,

Terima kasih telah menghubungi kami melalui e-mail.

Seuai dengan pertanyaan Ibu, kami sampaikan kembali sebagai beikut :
1. Setiap pembayaran lewat ATM BCA akan dikenakan biaya layanan sebesar
Rp 5.000,- . Biaya tersebut terlihat pada lembar tagihan bulan Oktober
2006 pada tanggal 18 September, 22 September dan 9 okrtober 2006
sehingga diperoleh nilai Rp 15.000,- (3 x Rp 5.000,-)

2. Bea meterai luanas sebesar Rp 6.000,- akan dikenakan untuk setiap
pembayaran kartu kredit dengan jumlah di atas Rp 1.000.000,-.

Demikian penjelasan kami. Apabila masih ada hal-hal yang ingin
ditanyakan, kami mohon agar Ibu dapat menghubungi pula Layanan 24Jam
Citiphone Banking kami di nomor 021-2529999 atau 69999 (melalui
ponsel, tanpa kode area dan berlaku nasional).

Atas perhatian dan kerja samanya, sekali lagi kami ucapkan terima
kasih.

Hormat kami,
Citibank Indonesia

Date: Fri, 9 Feb 2007 18:03:37 -0800 (PST)
From: “Lisa XXXX”
Subject: Re: Fwd: Re: contact us (KMM223329I32473L0KM)
To: “Citibank Indonesia”

Menurut saya biaya layanan 5.000 X 3 dan biaya meterai 6.000 itu sudah dikenakan di dalam rincian transaksi sebagaimana sudah saya sampaikan di dalam e-mail saya sebelumnya. Mengapa dikenakan dua kali dalam satu penagihan?

Date: Thu, 15 Feb 2007 19:12:31 -0800 (PST)
From: “Lisa XXXX”
Subject: CARA MENGHITUNG BUNGA KARTU KREDIT CITIBANK SAYA
To: bb_sumantri@yahoo.com
CC: indonesia.customer.service@citigroup.com

Kepada Yth.
Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen

Dengan hormat,

Sebagai konsumen, saya berhak tahu mengenai cara menghitung bunga kartu kredit Citibank saya. Sejak 20 Januari lalu, saya membicarakan soal itu melalui email dengan Citibank. Setelah beberapa soal menjadi jelas, namun demikian saya masih punya pertanyaan terakhir yang tidak kunjung dijawab sejak 9 Februari lalu oleh Citibank. Pertanyaan itu adalah: “mengapa saya dikenakan biaya pembayaran kartu dan meterai (3x Rp 5.000,- dan Rp 6.000) 2 (DUA) KALI DALAM SATU PENAGIHAN” ???

Karena Citibank nampaknya menghindar untuk menjawab pertanyaan saya itu, maka saya telah menulis di http://www.mediakonsumen.com dan membuat halaman di Internet untuk menampilkan email antara saya dan Citibank di http://bungacitibank.blogspot.com .

Pertanyaan ini penting untuk dijawab oleh Citibank, mengingat saya adalah pemegang kartu kredit Citibank sejak 1993. Pertanyaan ini juga penting jika ini terjadi pada ribuan pemegang kartu kredit Citibank lainnya.

Mohon saya dibantu untuk mendapat penjelasan tentang bagaimana cara saya mendapat jawaban dari Citibank. Untuk lebih jelas saya telah meminta suami saya Jojo Rahardjo di nomor Flexi 02170XXXX dan di jojXXXX@hotmail.com , seorang penulis dan terutama kontributor http://www.mediakonsumen.com untuk berhubungan dengan Bapak atau Ibu di BPSK.

Terima kasih.

Lisa XXXX.

Date: Fri, 16 Feb 2007 10:16:00 -0800 (PST)
From: “Lisa XXXX”
Subject: Re: Fwd: Re: contact us (KMM223329I32473L0KM)
To: “Citibank Indonesia”

Sore ini, 16 Februari, saya dihubungi melalui telpon oleh Bapak Hari dari Citibank customer service. Pak Hari mencoba menjelaskan pertanyaan saya yang sudah berkali-kali saya tanyakan melalui email. Semua penjelasan Pak Hari adalah pengulangan dari email-email Citibank yang pernah dikirimkan kepada saya.

Intinya adalah tidak ada yang salah dengan formula perhitungan bunga setiap transaksi pada tagihan saya. Melalui telpon itu Pak Hari berjanji akan mem-fax penjelasan formula perhitungan bunga yang menurut saya tidak perlu di-fax, karena sudah dikirimkan melalui fax kepada saya sebelumnya dan sudah saya mengerti.

Namun sebagaimana yang saya tanyakan dalam 4 email terakhir saya adalah “mengapa saya dikenakan biaya pembayaran kartu dan meterai (3x Rp 5.000,- dan Rp 6.000) 2 (DUA) KALI DALAM SATU PENAGIHAN” ??? Silahkan lihat email-email yang saya kirimkan dan Citibank kirimkan ke saya.

Saya kira, pertanyaan saya cukup mudah dimengerti, kecuali jika pertanyaan itu dibaca tanpa mengikuti konteksnya. Jika pertanyaan saya terlalu sulit dimengerti oleh Citibank, mungkin pertanyaan di bawah ini yang sudah saya permudah bisa dimengerti:

Mengapa biaya pembayaran kartu (3 X Rp5.000) dan meterai (Rp6.000) yang sudah dikenakan kepada saya pada rincian transaksi, juga ditagih lagi di kolom “Bunga dan Biaya Administrasi dengan menambahkannya ke angka 188.106 sehingga menjadi 209.106” ?

Sekarang pertanyaan saya bertambah satu, yaitu: “mengapa email saya tanggal 9 Februari yang memuat pertanyaan saya itu tidak dijawab melalui email hingga sekarang” ? Citibank justru menyerahkannya ke Pak Hari untuk menelpon saya sore ini…. Tentu, saya berhak untuk mendapatkan layanan tertulis melalui email bukan layanan telpon.

Oleh karena itu, saya masih menunggu respon cepat Citibank atas pertanyaan saya itu melalui email, bukan melalui telpon.

Lisa XXXX

Ditulis oleh: Jojo Rahardjo dari kasus Ibu Lisa A

di : <a href=”http://bungacitibank.blogspot.com/2007/02/cara-menghitung-bunga-kartu-kredit.html”>blog pribadinya</a>

Tinggalkan Balasan

