Kartu Kredit — Penting gak sih ?

Gue penasaran, ada berapa sih jumlah pengguna kartu kredit di Indonesia ? Trus berapa sih perbandingan persentase jumlah pengguna Kartu Kredit dibandingin ama jumlah pengguna Kartu Debit ?

Sekarang ini ada banyak provider Kartu Kredit di Indonesia. Masing2 punya strategi sendiri untuk menarik calon nasabahnya. Ada yang nawarin biaya tahunan gratis, diskon biaya tahunan, point rewards, hadiah langsung, limit yang tinggi, kemudahan cara pembayaran, bunga yang rendah, dll.

Tapi kalo kita kembali ke pertanyaan : Penting gak sih punya Kartu Kredit ?
Kalo pertanyaan itu harus gue jawab, untuk saat ini akan gue jawab BELOM PENTING. Gue masih menganggap kalo Kartu Kredit itu adalah kartu setan dan kartu utang, sekali lagi…. ini murni my opinion. Alesan gue gini… orang punya kartu kredit karena dia ngerasa gak punya duit cash untuk dibawa-bawa, kalo punya kartu kredit kan berarti dia bisa bayar apa aja yang dia beli pake kartu itu. Tapi kan itu teuteup aja namanya ngutang, dan hutang harus dibayar. Kalo telat bayar ? Yaaa bakalan kena denda lahhh….

Gue lebih bangga punya kartu debit. Alesan gue sebenernya sederhana aja : Kalo kartu kredit, duit yang kita pegang itu adalah duit orang atau duit bank. Tapi kalo kartu debit, duit yang kita pegang itu adalah duit kita sendiri. Apa yang lebih membanggakan daripada megang duit sendiri ? Banyak megang duit orang itu yang dibanggain ?

Alesan apa yang diambil para pemegang kartu kredit ketika memutuskan untuk ngajuin aplikasi ?

1. Bisa pake untuk belanja. Lah kan pake kartu debit juga bisa.
2. Bisa dipake untuk transaksi di Internet. Kartu debit juga bisa kok untuk mesen tiket di AirAsia atau untuk beli tiket2 lainnya. Apalagi udah ada internet banking.
3. Bisa dipake untuk keperluan mendadak (biaya rumah sakit misalnya). Halahhh, makanya ikutan asuransi dong. Tinggal tunjukin aja kartu asuransi nya.
4. Bisa ngutang dulu kalo belanja barang (minmal ngutang sebulan tanpa bunga). Ngutang kok bangga….
5. Bisa dapet point rewards atau hadiah langsung. Hehehehehe, ngarepin hadiah atau point rewards dari kartu kredit ? Beli dong….

Yaaa setidaknya untuk saat ini gue masih ber-prinsip untuk gak akan ngajuin aplikasi kartu kredit, tapi gak tau deh yaaa kalo nanti-nanti. Soalnya ada juga untung nya punya kartu kredit kalo sering keluar negeri atau setidaknya sering travelling lah keliling Indonesia. Kartu kredit itu bisa dipake di seluruh dunia…. sementara kartu debit masih terbatas kayaknya. Wong di Indonesia aja masih sedikit kok merchant yang nerima transaksi dengan kartu debit, kebanyakan kartu kredit.

Jadi…. Penting gak sih punya kartu kredit ?

Ditulis oleh: bu6z
pada: Thursday – 25 October 2007
di: KutuLoncat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s