Tips Menghadapi Debt Collector Citibank

Anda tidak perlu panik ketika mendapat kunjungan dari debt collector Citibank. Berikut tips untuk Anda dalam menghadapi mereka:

Jika debt collector datang ke rumah:
1. Bersikap tenang dan santai
2. Jangan takut karena debt collector tidak akan berani melakukan pemukulan. Jika terjadi, maka Anda berhak untuk membalasnya apalagi itu terjadi di rumah Anda sendiri. Alasannya tamu tersebut sudah berniat tidak baik datang ke rumah Anda.
3. Laporkan ke satpam / hansip perumahan Anda jika terjadi hal yang kurang menyenangkan sehingga debt collector tersebut bisa diusir paksa dari rumah Anda.
4. Jika sudah tidak bisa membayar, bilang saja terus terang, misalnya seperti ini: “Saya sudah tidak sanggup bayar full (biasanya udah membengkak dari limit). Saya minta stop bunga tapi saya punya itikad baik untk melunasi. Jika ada keringanan saya mau ikut dengan cicilan Rp 50.000/per bulan kalau tidak bisa ya sudah saya tunggu aja surat pengadilan (perdata). Biarlah nanti hakim pengadilan yang menentukan kesanggupan kita untuk membayarnya.
5. Kalau Anda diteror lewat telepon, tanyakan nama penelepon, jika perlu Anda memasang caller ID pada telepon rumah dan rekam pembicaraan. Apabila debt collector tersebut melakukan ancaman maka laporkan ke polisi berikut bukti-bukti rekaman tadi.

Jika debct kolektor datang menagih di kantor
1. Temuai debt kolector tersebut, apabila dia tetap ngotot atau tidak ada penyelesaiannya maka lebih baik tiggalkan saja dan panggil satpam untuk menyuruh keluar orang tersebut. Biasanya mereka ngotot untuk menunggu sampai kita jengah melihatnya dan malu sehingga lebih baik laporkan ke bagian keamanan karena mereka tamu yang tidak pantas.
2. Cara-cara licik dan tidak tepuji biasanya dilakukan debt collector dengan menelepon pimpinan Anda, bagian HRD, atai rekan-rekan Anda dengan tujuan mempermalukan Anda kalau memiliki hutang pada Citibank dan berharap Anda segera melunasinya. Telepon ini dilakukan hampir sepanjang hari karena memang tugas mereka.
3. Apabila mereka melakukan pemukulan maka Anda wajib minta vsum ke RS terdekat sebagai bukti untuk melaporkan ke polisi agar debt collector (baca: bangsat) bisa dijerat dengan pasal-pasal penganiayaan.
4. Apabila Anda dibantu untuk menyelesaikan proses tunggakan dengan cara mengangsur per bulan, maka sebaiknya pembayaran tetap Anda lakukan lewat ATM ke nomor Kartu Kredit Anda. Hal ini sebagai bukti dan jangan pernah memabayar tunai ke debt collector.

One response to “Tips Menghadapi Debt Collector Citibank

  1. yah memang banyak sekali cara-cara debt Collector bahkan pernah ada yang pakai Polisi (ga’ tau Polisi bener atau tidak) mungkin ini bisa jadi pegangan nih untuk menghadapi Debt Collector

    @Faris, bener tuh ada rekan saya yang pernah mengalaminya, ga tau polisinya dibayar berapa? kan bukan tugasnya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s